Begini Cara Membersihkan Karpet Yang Benar

Anda punya karpet di rumah? Tentu sangat repot untuk membersihkannya. Apalagi untuk karpet yang lebar dan tebal sukses bikin anda kerepotan untuk mencucinya.  Terlebih jika bahan material terbuat dari bahan berkualitas seperti katun, wol, sutera maupun kulit hewan. Apabila tidak hati-hati dalam membersihkannya bukan malah bersih namun karpet kesayangan bisa jadi rusak karena salah perawatan.

Untuk itu berikut cara membersihkan karpet yang benar yang bisa anda tirukan di rumah :

Sedot Debu Pada Karpet

google.com

Untuk membersihkan karpet yang berdebu gunakanlah vacuum cleaner. Jangan terburu-buru untuk memindahkan spot yang disedot dengan vacuum cleaner ini. Walau anda sudah menyetel mesin penyedot dengan tenaga tinggi namun terkadang debu yang menempel sulit untuk tersedot kedalam mesin begitu saja.  Bila debu yang menumpuk banyak anda bisa membersihkan dengan sapu terlebih dahulu kemudian bersihkan kedua kali dengan vacuum cleaner. Lakukan hal ini secara rutin minimal seminggu sekali. Jika anda tak memiliki vacuum cleaner maka  pakailah sapu lidi untuk membersihkan kotoran kering.

Bersihkan Segera Saat Terkena Noda

google.com

Jika anda tak sengaja menumpahkan kotoran diatas karpet kesayangan segeralah untuk membersihkannya. Jangan tunda hingga kotoran tersebut mengering dan membandel sehingga sulit untuk membersihkannya dikemudian hari. Untuk membersihkan noda pada karpet anda bisa menggunakan soda kue.

Taburkan terlebih dahulu soda kue jika noda yang menempel pada karpet merupakan cairan berwarna. Hindarilah untuk menyikat karpet memakai sikat dengan bulu kasar. Hal ini berakibat lapisan karpet akan menipis dan seratnya rusak.  Anda juga bisa membasahi handuk dengan air sabun kemudian gosokan pada noda tersebut.

Gunakan Bahan Ini Untuk Noda Yang Mengering

google.com

Apabila noda yang terdapat pada karpet merupakan noda yang mudah kering seperti tetesan lilin maupun permen maka gunakanlah es batu. Masukkan beberapa es batu pada plastic kemudian letakkan pada noda yang mengeras tadi.  Setelahnya angkat noda tersebut kemudian basahi kain dengan air sabun untuk menghilangkan sisa noda.

Baking Soda Bisa Jadi Solusi Penghilang Bau

google.com

Tak jarang karpet anda menimbulkan bau yang kurang sedap karena tidak sering dibersihkan atau tidak anda jemur saat basah. Anda bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap pada karpet.  Taburkan baking soda diatas permukaan karpet kemudian diamkan sehari semalam dan besoknya sedot dengan memakai vacuum cleaner.  Selain baking soda ada pula bahan lainnya yang bisa anda gunakan seperti vodka maupun air cuka.  Hindari memakai air cuka terlalu banyak karena mampu menimbulkan jamur pada karpet.

Pasang Keset

google.com

Jika menginginkan karpet anda terhindar dari kotoran dan senantiasa bersih maka pasanglah keset. Fungsi keset ini bisa  untuk menyaring kotoran penghuni rumah pada kaki mereka sebelum menginjak karpet. Letakkan keset di ruangan yang ada karpetnya. Tidak lupa taruh keset dibagian sudut ruangan misalnya kamar mandi, dapur, mushola atau ruangan keluarga.

Sumber : http://wellhos.id/blog-detail/2

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked

Register

Saya ingin jadi yang pertama tahu product baru dan penawaran menarik dari marthakarpet.id!